Tips Jual Beli di Kaskus

BAGAIMANA CARANYA MENARIK PERHATIAN CALON CUSTOMER?

ada 2 cara menarik perhatian calon customer :

– Buatlah Thread dagangan menjadi RAPIH dan MENARIK

Berikan kesan yang berbeda dibanding thread lainnya di FJB untuk menarik perhatian calon customer dengan desain yang kreatif mudah diingat dan tidak berlebihan. Buat serapih mungkin sehinggan calon customer tidak akan bingung untuk memilih barang yang ada di lapak.

– Buatlah Informasi Lengkap dan CONTACT PERSON

Kita yang butuh customer, bukan customer yang butuh kita. Berikanlah informasi dari barang yang kita jual dengan lengkap dan detail. berikan contact person di thread untuk customer yang ingin bertanya lebih lanjut atau memesan.

 

PENTINGNYA CUSTOMER SERVICE

– menurut pengalaman saya seorang customer lama adalah 2x lipat lebih penting dibandingkan customer baru. Kenapa?

Jelas, karena customer lama yang tentu saja jika merasa puas dengan layanan kita akan menjadi customer setia kita, dan bahkan akan mempromosikan kita secara tidaklangsung kepada teman-temannya. Jika ada temannya yang bertanya dimana dia membeli barang tersebut pasti dia akan memberikan kontak kita ke temannya, dan tentu saja calon customer kita bertambah satu. itu jika temannya yang bertanya satu orang, kalau lebih?

itu saja alasannya? tidak, seorang customer jika sudah merasa kecewa dengan layanan kita akan berfikir 2x untuk melakukan order ke kita lagi. Kenapa? Jelas karena masih banyak Seller diluar sana yang berjualan, tidak hanya kita.

– Lalu seberapa pentingnya customer baru?

Tidak ada customer lama (Pelanggan) jika tidak ada customer baru. Buatlah customer baru merasa nyaman dengan service yang kita berikan. Jika customer itu merasa nyaman, maka akan dipastikan kalau customer tersebut nantinya akan menjadi pelanggan kita.

 

BAGAIMANA CARANYA MEMUASKAN CUSTOMER?

Berikan Respon yang Cepat (FAST RESPONSE)

Kenapa? satu menit saja kita tidak membalas SMS dari calon customer, kita akan kehilangan dia untuk selamanya. karena hanya butuh waktu beberapa detik untuk membuka thread jualan lain di kaskus.

– Berikan Respon yang Ramah (NICE RESPONSE)

Salah satu alasan, kenapa banyak orang lebih memilih berbelanja di minimarket dibandingkan pasar tradisional adalah KENYAMANAN. dalam berjualan online, cara memberikan kenyamanan untuk calon customer adalah dengan memberikan respon yang ramah dan antusias, jangan sekali-kali merespon dengan nada ketus dan tidak terlihat antusias.

– Berikan Penawaran Khusus (SPECIAL OFFER)

BUY 1 GET 1 FREE. seperti itulah biasanya promo yang ada di Mall untuk menarik pelanggan, dan Hasilnya? seperti yang diperkirakan pastinya. berikan penawaran khusus untuk CUSTOMER Setia kita. misalnya di kaskus bisa memberikan cendol untuk customer yang membeli barang kita, atau diskon khusus untuk pembelian ke 2 dan selanjutnya.

– JUJUR (Be HONEST)

Last but not least, JUJUR adalah hal terpenting dalam berjualan online. Seorang customer yang merasa kecewa dengan kejujuran seller tidak akan pernah membeli 2x di seller yang sama. Jujur disini luas, seperti halnya JUJUR dalam menjelaskan jenis barang, apakah kondisinya 100%, apakah barangnya Original, dll.

 

JADILAH RECOMMENDED SELLER

Jika sudah melakukan CUSTOMER SERVICE seperti diatas, maka kepuasan CUSTOMER akan sangat meningkat. Mintalah testimonial akan kepuasannya yang akan dipajang di thread dagangan untuk refrensi calon customer lainnya. Selain itu, mintalah masukkan dari customer terhadap pelayanan yang kita lakukan, sehingga kedepannya kita akan lebih meningkatkan pelayanan untuk kepuasan CUSTOMER.

 

MENGAPA SEMUANYA SAYA SHARE DISINI?

Harta akan habis jika dibagi, tetapi ilmu tidak. Jadi apa salahnya jika saya share untuk kemajuan usaha kita, dan untuk kepuasan para CUSTOMER diluar sana. Semoga apa yang saya share berguna.

Bagaimana caranya mengungkapkan terima kasih jika info ini berguna? Cukup berikan komentar dan masukan di Thread. Itu saja, tidak lebih. J

Source : SOCCERSTORE

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s