Angka Kriminalitas Anak di Depok Meningkat ?

DEPOK – Angka kriminalitas yang melibatkan anak sangat memprihatinkan. Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat sampai semester pertama tahun 2012 saja, ada 139 anak yang terlibat aksi kejahatan.

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, menilai, angka tersebut mengejutkan dan menakutkan. Pasalnya bukan tidak mungkin angka kejahatan anak meningkat dibandingkan 2011 yang jumlahnya 189.

“Jumlahnya meningkat, kualitas kejahatannya juga meningkat, kasus pencurian, pembunuhan, penculikan. Itu yang dilaporkan, angka yang menakutkan untuk kita, saya sudah sampaikan data itu ke Polda. Ini program dan PR (pekerjaan rumah) polisi dengan masyarakat,” kata dia kepada wartawan, Selasa (24/7/2012).

Yang paling mengejutkan lagi, lanjutnya, angka kejahatan anak tertinggi ada di Depok, Jawa Barat. Itu menjadi ironis karena Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail justru menjadikan Depok sebagai Kota Layak Anak.

“Bekasi tinggi, Depok tertinggi ada 18 persen di wilayah Jabodetabek ini, karena Depok selain kota metropolitan yang baru, banyak mal-mal di jalan mewah, tapi coba lihat di dalam gang, kesenjangan sosial banyak, daerah padat sampai ke kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas,” paparnya.

Dia mengusulkan agar Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) di Polres Depok bisa sampai ke tingkat Polsek. Atau, unit tersebut berdiri sendiri setingkat Kasat di tiap Polres. “Data ini sudah mengerikan jadi perlu ditangani cepat, para anak yang melakukan tindak kejahatan juga harus dipenuhi hak – haknya,” tandasnya.

sumber :

http://jakarta.okezone.com/read/2012/07/24/501/667506/angka-kejahatan-anak-di-depok-paling-tinggi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s