Agama dan Masyarakat

Agama dan Masyarakat adalah 2 hal yang saling berkaitan,manusia memiliki agama sejak ia lahir agama diturunkan secara turun temurun dari kakek kita ke ayah dari ayah kita kepada kita.

Agama adalah keyakinan yang diyakini bagi pemeluknya dan dijadikan sebagai pedoman hidup manusia,didalam agama sendiri kita diajarkan etika-etika yang baik dalam bersosial terhadap masyarakat,didalam masyarakat agama berfungsi untuk mengontrol prilaku masyarakat.

Di Indonesia sendiri agama yang disah kan oleh pemerintah kita ada 5(lima) Agama yaitu : Islam,Kristen,Katholik,Hindu dan Budha.Walaupun demikian ada masyarakat diIndonesia yg memeluk bukan dari 5 agama diatas,beberapa dari mereka ada yang memeluk konghucu,yahudi,saintologi meskipun jumlahnya sangat sedikit.Dan kurang lebih 80% Penduduk Indonesia menganut ajaran Islam.

Saat ini mulai banyak kita jumpai munculnya agama-agama baru(aliran sesat) di Indonesia yang bisa merusak nilai keimanan suatu agama,Dalam hal ini hendaknya pemerintah melakukan tindakan, agar tidak muncul agama-agama yang meresahkan masyarakat. Walaupun faktanya banyak masyarakat yang tidak sabar dan melakukan main hakim sendiri kepada penganut ajaran agama yang sesat ini.Sebagai manusia yang cerdas hendaknya kita bisa menyaring omongan-omongan agar kita tidak terjerumus persama pengikut ajaran yang salah ini,untuk Islam sendiri kita sudah tau tidak ada nabi setelah nabi Muhammad SAW,jadi apabila ada yang mengaku sebagai nabi patutkah kita mempercayainya ? Hal demikian sering saya temui pada berita-berita televisi.

Sekarang yang marak adalah kejahatan dengan bermodus agama,banyak sekali sekarang modus-modus perekrutan anggota kelompok tersebut,mulai dari cuci otak dan penyampaian ajaran agama yang salah yang membuat orang tersebut rela melakukan apa saja demi agama,melakukan bom bunuh diri misalnya,secara logika apakah itu termasuk jihad ? banyak orang yang tidak berdosa terkena dampaknya,jadi kita harus membrantas kejahatan dengan melatarbelakangkan pedoman agama.Karena agama dibuat untuk menciptakan kedamaian bukan sebaliknya.

Jadi sebagai umat beragama hendaknya kita saling mengingatkan kepada sesama apabila kita melakukan kesalahan-kesalahan,agar bisa dengan cepat memperbaiki diri,semoga tidak ada lagi diskriminasi sosial tentang agama kita bisa hidup rukun,tentram aman dan nyaman.Dan bisa kita bayangkan Indahnya hidup ini apabila kita bisa bertoleransi sesama umat beragama.Tidak ada konflik tidak ada pengotak-kotakan golongan,ini semua tentu bisa terwujud apabila kita bisa menghargai pemeluk agama satu dengan yang lainnya.

Sumber :
http://imstuff-it.blogspot.com/2012/11/agama-dan-masyarakat.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s