‘Bocah’ Kriminal

Kejahatan dan anak-anak adalah kedua hal yang sangat jauh hubungannya, namun hal ini kemudian terjadi di masa sekarang ini, keduanya berkolaborasi, menciptakan kekhawatiran publik akan kelangsungan ke depannya. Dan apakah yang harus pertama diperbaiki ?

Mereka tidak akan melakukan suatu kejahatan melainkan suatu sebab, entah datang dari dalam, dari luar, atau bahkan orang tuanya sendiri. Pasti ada yang salah dengan si anak tersebut, bagaimana dia bisa melakukan kejahatan jika hatinya senang ? sangat tidak masuk akal.

Kehilangan seorang figur yang dapat dicontoh, dalam kasus ini misalnya anak ini adalah yatim piatu. Otomatis dalam posisi seperti ini, anak akan merasa kebingungan dalam dirinya, dan sangat mudah sekali terombang-ambing kepribadiannya dikarenakan masih sangat muda umurnya dan apa yang dia lihat dan dengar akan menjadi apa yang dia ingat dan lakukan di kemudiannya. Solusi yang paling mungkin adalah penyediaan penampungan sekaligus pendidikan tentang moral dan ahlak, terlebih lagi agama. Materi yang diberikan adalah materi dasar tentang hidup sehari-hari. Sehingga jika dibiasakan untuk belajar mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang berakibat pahala, dan mana yang dosa, si anak pikir dua kali untuk melakukan suatu hal yang membuat dia merasa asing, sekalipun ia melakukan suatu yang jahat, akan tinggal di dalam dirinya rasa bersalah akan apa yang telah dilakukannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s