Generasi Indonesia Mengajar

Mahasiswa, maha dan siswa. Tak perlu lagi rasanya untuk dijelaskan definisinya. Kita sebagai generasi muda dituntut untuk selalu mendongkrak potensi kita dan mewujudkannya untuk kebaikan bersama di sekeliling kita.

Program Indonesia Mengajar besutan Anis Baswedan ini sangat efektif dalam menunjang pendidikan di Indonesia yang sejatinya belum merata. Pada program ini para pengajar muda dikirim ke daerah-daerah terpencil yang kiranya disana belum atau kurang tersentuh oleh yang namanya pendidikan.

Para pengajar muda juga sebaiknya tidak hanya memberikan pengetahuan akan pendidikan-pendidikan formal pada umumnya. Namun ditambah juga dengan pendidikan keteladanan yang dapat dicontoh oleh para anak didiknya disana nanti. Karena otak yang pintar akan menjadi cerdas bila diiringi oleh ahlak yang baik, dengan ahlak mereka akan menjadi terarah dan tahu mana yang benar, yang salah, baik, serta buruk. Sehingga sekalpun nanti tugas para pengajar muda sudah selesai disana, materi-materi yang diajarkan tidak hilang begitu saja, namun meninggalkan bekas pada perubahan sikap anak-anak di dalam rumahnya, terlebih kepada orang tuanya. Tidak hanya dijadikan pintar berfikirnya, namun anggun dalam bersikap, serta perasa terhadap lingkungannya.

Jujur saja ini merupakan program yang sangat baik untuk dicontoh, apalagi untuk aktivis-aktivis yang bergelut pada pengentasan pendidikan, setidaknya bisa mendapat timbal-balik dari program ini, dan tidak hanya berhenti disini saja, diharapkan akan muncul program-program baru semacam ini untuk menyokong pendidikan di Indonesia ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s