Car Free Night

121046_monasthnbaru

Jakarta – Konsep car free night ini dilakukan agar seluruh warga Jakarta bisa menikmati pesta pergantian tahun tanpa asap kendaraan. Aturan ini bisa menghilangkan budaya konvoi tahun baru.

“Kita ingin berikan ke masyarakat untuk bisa menikmati tahun baru yang bebas kendaraan, bebas asap kendaraan, sehingga masyarakat bisa menikmati hal-hal yang baik,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwi Laksana kepada detikcom di kantornya, Jumat (21/12/2012).

Chrysnanda mengatakan, dengan konsep car free night ini, seluruh warga Jakarta dapat berjalan kaki dengan bebas sepanjang Jl Sudirman-Thamrin tanpa harus berdesakan dengan kendaraan.

Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati beragam suguhan atraksi hiburan menarik yang disajikan Pemda DKI di sepanjang ruas jalan tersebut. Ya, rencananya, Pemprov DKI akan menyiapkan 16 panggung hiburan di 16 titik di ruas jalan tersebut.

“Di panggung itu nanti ada kegiatan kesenian, kebudayaan, semacam pesta rakyat sehingga bisa menikmati hal-hal yang baik,” kata Chrysnanda.

Tidak hanya itu, dengan diberlakukannya sistem car free night, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi saat malam tahun baru. Konsep ini pula diyakini dapat mengurangi dampak kemacetan khususnya pada malam tahun baru.

“Kemudian tujuannya menghilangkan budaya masyarakat Jakarta untuk konvoi kendaraan pada saat malam tahun baru,” imbuhnya.

(mei/aan)

Sumber : http://news.detik.com/read/2012/12/21/120616/2124418/10/polda-metro-car-free-night-hapus-budaya-konvoi-tahun-baru

 

Tanggapan Penulis :

“Sistem yang diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah baik menurut saya. Terlebih lagi harus disokong dari segi keamanan yang bisa mengontrol keadaan, bukannya malah membatasi gerak dari pengunjung di malam tahun baru. Seperti inilah harusnya tahun baru dirayakan, dengan tertib, tentram, dan bebas polusi. Semua diberikan hak yang sama, yaitu berjalan kaki.

Tidak hanya itu, juga telah disiapkan panggung-panggung hiburan yang siap meramaikan malam tahun baru nanti, dan tidak cuma satu, tapi tersebar sehingga tidak terjadi titik pusat keramaian, melainkan akan tersebar nantinya, ini juga dapat memudahkan tugas dari keamanan.

Semoga dengan diadakannya Car Free Night saat tahun baru, dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas khususnya pada malam tahun baru, karena yang seperti kita lihat pada tahun sebelumnya, para muda-mudi berkonvoi ria menggunakan mobil atau motor mereka yang sebenenarnya tidak hanya merugikan pengguna jalan di sekitar, namun lebih jauh lagi membahayakan keselamatan mereka sendiri dan orang lain.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s