Effective and Worth Hour

Menurut saya, kegiatan ini sudah sangat baik, dan terus menerus dilakukan tiap tahunnya. Dengan kegiatan ini kita dituntut untuk lebih peduli terhadap bumi tempat kita tinggal, setidaknya untuk menghemat pengeluaran listrik kita, dan memang kegiatan ini sejatinya adalah untuk kita sendiri. Kita yang biasanya tidak begitu peduli terhadap  penggunaan listrik seperti : menyalakan laptop berjam-jam, lupa untuk mencabut charger handphone, berlebihan dalam menggunakan AC, dan lainnya, akan lebih memerhatikan kegiatan tersebut, yang dampaknya akan kembali kepada kita.

Sebenarnya sah saja jika kita menggunakan listrik terus menerus, contoh yg paling sering sebut saja laptop. Di era sosial media dan interaksi dunia luar yang makin menjadi-jadi, laptop kita pastilah menjadi objek yang tepat untuk menyalurkan keinginan kita. Namun, jika kita menggunakan laptop kita untuk kegiatan yang kurang bermanfaat, lebih baiknya kita matikan saja, itung-itung sebagai hemat listrik, poinnya disini adalah, jika memamng kegiatan yang kita lakukan bermanfaat maka lakukanlah, dan jika kurang bermanfaat maka tinggalkanlah, dan satu lagi, kita juga tidak boleh hanya terpaku kepada event seperti Earth Hour, karena event tersebut sangat terbatas cakupannya.”

Melanjutkan opini saya di atas, sudah efektifkah Earth Hour itu sendiri ? Earth Hour (kalau tidak salah) selalu dilakukan pada malam di hari Sabtu, terakhir 23 Maret 2013 silam. Mengapa hari sabtu ? dan ternyata, hari sabtu dipilih karena itu merupakan hari dimana penggunaan listrik sedang gencar-gencarnya dilakukan, dan benar saja, pada saat seperti itu di malam harinya, orang -orang ada yang berkumpul bersama keluarga, menonton acara tv bersama, atau ada yang bepergian keluar rumah sekadar mencari hiburan, pergi ke mall bersama sanak saudara, dan ya, sab tu malam menjadi prime-time nya penggunaan listrik, dan pemilihan hari dan waktu untuk earth hour itu sendiri sangat tepat menurut saya.

Namun tidak hanya sampai situ, bagaimana setelahnya ? apakah setelah earth hour orang menjadi sadar akan penggunaan listrik ? saya rasa masih sangat sedikit. Oleh karena itu, baiknya, program ini makin digencarkan dan tidak hanya untuk satu malam, ya setidaknya lakukan dari unit terkecil, yaitu diri kita sendiri, dalam penggunaan laptop, handphone, juga pada saat mencharge, memang begitu kecil efeknya, tetapi jika baik, mengapa tidak ? dan bisa selanjutnya melangkah ke keluarga kita, setidaknya rumah yang biasa kita diamin, itu dulu saja.  Hemat dalam penggunaan lamu di rumah jika malam hari, apalagi jika tidak diperlukan pada waktu tidur, itu dapat menghemat pengeluaran dalam membeli lampu. dan terlepas dari itu semua, ayo kita semua berusaha sadar dalam penggunaan listrik, setidaknya peduli untuk pengeluaran di rumah kita, kita mungkin belum bisa membantu membayar, namun kita bisa membantu mengurangi, make Effective and Worth Hour~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s