El Classico (Part 2)

Kasus di atas sangat menarik, tak hanya terjadi pada sepakbola, namun pada kehidupan sehari-hari. Pandangan hidup adalah yang menentukan manusia dalam memilih apa-apa yang terjadi pada hidupnya. Dalam contoh kasus di atas, Catalan yang mewakili kaum-kaum tertindas melawan imperialisme dari pihak spanyol. Pandangan ini sejak zam dahulu dipupuk dan terus menerus diturunkan dari generasi ke generasi. Hingga sampai saat ini kita kenal dengan namanya El Classico, dimana rakyat Catalan diwakili Barcelona, dan sebaliknya Real Madrid menjadi figur daripada imperialisme zaman dahulu.

Masyarakat tidak bisa mengorbankan fisiknya untuk terus menerus berperang melawan penjajahan pada saat itu, dan mereka melihat sebuah peluang lain tempat untuk menyalurkan kebencian mereka, yaitu sepakbola. Dengan ini mereka dapat menyuarakan dan menunjukkan apa yang menjadi keinginan mereka melalui sepakbola. Dan hasilnya dapat kita lihat pada saat ini, bagaimana sebuah pandangan hidup dapat menjadikan masyarakat Catalan sangat menjunjung tinggi tim sepakbolanya dan sangat membeci rival abadinya.

Sejatinya poin di atas mengungkapkan bahwa sebuah pandangan hidup dapat mengubah sekaligus membuat seseorang lebih-lebih masyarakat untuk menyukai atau mambeci sesuatu dengan cara mereka sendiri. Itulah yang menjadikan luapan emosi menjadi menggebu-gebu manakala event tersebut berlangsung.

Dan pada akhirnya, baiknya kita tidak langsung mengadopsi suatu pandangan hidup, menurut saya bukan benar atau salahnya, melainkan apakah itu bermanfaat bagi kita atau tidak, selama itu masih bermanfaat maka jalankanlah, karena kita tidak mau terjerumus pada pandangan hidup yang menyesatkan dimana hanya tersisa sifat-sifat tercela di dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s