Penalaran [TUGAS]

Penalaran, sederhananya adalah kegiatan berpikir. Manusia selama hidupnya tidak lepas dari kegiatan berpikir. Setiap saat bangun tidur maupun menjelang tidur lagi pun, manusia memikirkan tentang segala sesuatu. Berpikir merupakan kegiatan mental. Pada saat berpikir, timbul ide-ide di dalam kepala kita seperti gambar mengenai sesuatu hal, meskipun hanya gambar sesaat, namun proses tersebut juga termasuk sebagai hasil dari proses berpikir. Kegiatan berpikir ada juga yang dilakukan secara terencana dan terstruktur, juga bertujuan untuk mencapai suatu kesimpulan. Jenis kegiatan berpikir inilah yang disebut kegiatan bernalar.

Kegiatan bernalar senantiasa bersangkut paut dengan bahasa. Setiap orang yang menalar selalu menggunakan bahasa, baik yang berlangsung di dalam pikiran, yang menggunakan mulut, terlebih lagi menggunakan tulisan. Oleh karena itu dapat disebut dapat disebut bahwa bahasa adalah alat untuk bernalar.

Dapat disimpulkan bahwa penalaran adalah proses berpikir yang sistematik untuk memperoleh beberapa kesimpulan berupa pengetahuan. Kegiatan penalaran dapat bersifat ilmiah atau tidak ilmiah.

 

 

Referensi :
Wahyu, Tri, 2006, Bahasa Indonesia, Penerbit Gunadarma, Jakarta.
Rapar, J. H., 1996, Pengantar Logika : Asas – Asas Penalaran Sistematis, Kanisius, Yogyakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s