Penalaran [Tulisan]

Berdasarkan uraian sebelumnya, dapatlah dicatat bahwa proses bernalar atau singkatnya penalaran merupakan proses berpikir yang sistematik untuk memperoleh kesimpulan berupa pengetahuan. Kegiatan penalaran mungkin bersifat ilmiah atau tidak ilmiah. Dari prosesnya, penalaran itu dapat dibedakan sebagai penalaran induktif dan deduktif. Penalaran ilmiah mencakup kedua proses penalaran itu.

Contoh singkat penalaran induktif :

“Kompatibilitas dan waktu tanggap termasuk ke dalam faktor penentu kecepatan akses suatu website. Banyaknya grafis dan konten tambahan lain yang dibenamkan ke dalam suatu web dapat memperngaruhi kompatibilitas browser yang mengakses halaman tersebut sehingga waktu tanggap yang didapat akan semakin lambat. Begitu pula sebaliknya, semakin sedikit grafis dan konten tersebut, semakin cepat waktu tanggap yang didapat.”

Pada paragraf di atas dinyatakan bahwa grafis dan konten tambahan lain yang terdapat dalam suatu website, mempengaruhi setiap browser sehingga berdampak terhadapa waktu tanggap yang didapat. Kalimat tersebut adalah hasil dari penalaran induktif.

Contoh singkat penalaran deduktif :

“Dikatakan bahwa bujur sangkar adalah segi empat yang sama sisi. Dan jika dikatakan suatu segi empat yang sisi-sisi horisontalnya tidak sama panjang dengan sisi tegak lurusnya bukan bujur sangkar. Juga dikatakan semua bujur sangkar harus merupakan segi empat, tetapi tidak semua segi empat merupakan bujur sangkar.”

Pada paragraf di atas terdapat tiga kalimat. Kalimat pertama adalah suatu pernyataan dasar yang dijadikan dasar proses penalaran untuk memperoleh kalimat kedua dan kalimat ketiga. Kalimat kedua dan ketiga pada paragraf di atas adalah hasil dari penalaran deduktif.

 

 

 

Referensi :

Wahyu, Tri, 2006, Bahasa Indonesia, Penerbit Gunadarma, Jakarta.
Nugraha, Boby and Purba, Nurmalasari Rusmiati and Noortrlani, Rismavita and Wicaksana, I Wayan S. PERBANDINGAN KECEPATAN AKSES WEB REPOSITORY LIMA UNIVERSITAS DI INDONESIA. Universitas Gunadarma.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s