Contoh Karangan Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Ilmiah

I. Contoh karangan ilmiah

Dibawah ini akan diberikan salah satu contoh dari salah satu karangan ilmiah, yaitu penulisan ilmiah :

3.1 Analisis Kebutuhan Calon Konsumen

Sebelum memutuskan akan membeli sebuah produk, tentunya konsumen akan berusaha mendapatkan informasi lebih jauh tentang produk yang akan dibeli dan dalam hal ini sebuah cd film animasi jepang (anime) yang terdiri dari berbagai judul dan kategori / jenis. Berdasarkan survei di lapangan, para calon pembeli biasanya mencari informasi di majalah-majalah anime tentang jenis film (action, drama, fiksi, dll), gambar animasinya, ratingnya, dan garis besar ceritanya sebelum memutuskan untuk membeli cd film tersebut.

 

3.2 Struktur Navigasi Website

Struktur Navigasi Website digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh situs web dan menggambarkan bagaimana hubungan antara isi-isi tersebut dan apa keterkaitannya satu sama lain. Struktur navigasi…

 

Penjelasan:

Penulisan ilmiah diatas berjudul Perancangan Website Penjualan CD X-Anime menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004, contoh disunting dari bagian bab tiga (pembahasan).

Dapat terlihat dari bahasanya yang terstruktur dan menggunakan bahasa baku. Juga penulisannya yang terurut terlihat dari penulisan analisis yang berlanjut kepada penulisan struktur navigasi. Penulis juga menyatakan “berdasarkan survei lapangan”, ini juga menunjukkan fakta yang ditulis didapat dari hasil pengamatan (observasi). Dengan demikian, penulisan ilmiah diatas memenuhi kriteria untuk dapat dikatakan sebagai karangan ilmiah.

 

 

II. Contoh karangan semi-ilmiah

 

Dibawah ini akan diberikan salah satu contoh dari karangan semi-ilmiah, yaitu opini :

 

Jakarta – Asus menggebrak di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 lalu dengan memperkenalkan Zenfone teranyarnya yang mempunyai RAM berkapasitas 4 GB.

Dan sampai saat ini, belum banyak ponsel di pasaran yang menggunakan RAM dengan kapasitas sebesar itu. Salah satunya adalah Mi Note Pro dari Xiaomi, yang beberapa waktu lalu sudah diluncurkan di Tiongkok.

Keunggulan RAM inilah yang membuat Asus pede bahwa ponselnya itu akan bisa bersaing dengan phablet besutan Samsung, yaitu Galaxy Note 4.

“Dengan prosesor yang digunakan dan RAM 4 GB, menurut saya Zenfone 2 lebih hebat dibanding Galaxy Note 4 milik Samsung,” ujar Rex Lee kepada detikINET selepas acara peluncuran produk anyarnya di Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Dan ia menambahkan bahwa meski punya spesifikasi lebih tinggi, harga yang ditawarkan Asus untuk Zenfone 2 masih jauh lebih murah. “Harga Zenfone 2 kurang lebih hanya 30% dari harga Galaxy Note 4,” tandas Lee.

Sekadar informasi, Galaxy Note 4 yang beredar di Indonesia menggunakan prosesor Exynos 5433 octa core. Delapan core itu terdiri dari empat core berkecepatan 1,3 GHz dan 4 sisanya punya kecepatan 1,9 GHz, dan menggunakan RAM 3 GB.

Sementara Zenfone 2 varian tertinggi yang sudah dipasarkan di Taiwan menggunakan prosesor Intel Atom Z5380 quad core 2,3 GHz 64-bit. Namun benarkah dengan spesifikasi seperti ini, Zenfone 2 akan lebih kencang dibanding Galaxy Note 4?

 

Penjelasan:

Terlihat perbedaan yang jelas pada karangan semi-ilmiah yaitu pada penggunaan bahasa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa campuran antara bahasa baku dan bahasa tidak baku. Tulisan juga berdasarkan opini dari penulis dan fakta-fakta yang ada. Opini diatas ditutup dengan kalimat persuasif yang berguna untuk mengajak para pembaca memberikan respon atas pertanyaan yang diberikan. Karakteristik diatas membuat tulisan dari opini diatas selayaknya pantas untuk digolongkan ke dalam karangan semi-ilmiah.

 

III. Contoh karangan non-ilmiah

 

Berikut ini merupakan salah satu contoh dari karangan non-ilmiah, yaitu cerpen:

Deadline untuk menerbitkan album baru sudah sangat mendesak. Semua kalangan menantikan album baru Fin dan Ara yang sudah terlalu lama vakum. Pihak terlibat nampak tertekan dengan keadaan ini, bayangan keuntungan semakin hari semakin memudar. Fin tetap engan sensasinya yang terlalu jauh dan Ara yang berjalan di tempat proses kreatifitasnya entah kenapa. Fin dan Ara layaknya sayur dan garam, saling melengkapi dalam proses kreatifitas. Dalam proses kreasi biasanya keduanya saling melengkapi hingga tercipta karya-karya ciamik yang sangat hits bahkan beberapa sudah seperti legenda hidup saja.

Pihak produser dan manager menganggap keadaan mungkin akan tidak tertolong lagi. Bagaimanapun dari segi bisnis, album baru tetap harus diluncurkan bagaimanapun keadaannya, the show must go on. Berbagi gagasan telah dikeluarkan dan berujung pada meluncurkan album the best atau mengundang artis-artis baru yang sedang ngetop saat ini untuk menyanyikan cover version dari lagu-lagu hits mereka sebelumnya. Padahal album mereka sebelumnya juda sudah album the best dengan tambahan 3 lagu baru yang secara kualitas tidak sebaik lagu-lagu hits sebelumnya, namun penjualan album tetap baik karena basis penggemar setia mereka yang cukup banyak serta ditunjang promosi yang luar biasa wah-nya.

Penjelasan:

Karangan diatas disajikan dalam bentuk naratif serta penggunaan bahasanya yang bersifat populer dan tidak baku. Tulisan diatas juga bersifat imajinatif dan satu lagi yang membuat tulisan diatas pantas digolongkan ke dalam karangan non-ilmiah adalah struktur penulisan yang terlihat yaitu konflik.

 

 

Referensi:

 

Rocky Mayka Adi Utomo, Perancangan Website Penjualan CD X-Anime menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004. Penulisan Ilmiah, Universitas Gunadarma, 2006.

 

http://inet.detik.com/read/2015/03/31/171251/2875034/317/asus-zenfone-2-lebih-hebat-dari-galaxy-note-4?i992202105 (Diakses pada 1 Maret 2015)

 

https://anggiguswara.wordpress.com/category/novel-gue/rodek-roman-pendek/           (Diakses pada 1 Maret 2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s