Contoh Karangan dengan Metode Ilmiah

NARKOBA DAN DAMPAK YANG DITIMBULKAN

  1. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Dimasa modern sekarang ini peredaran NARKOBA sudah tidak bisa ditolerir,tidak memandang lingkungandan usia .Banyak anak-anak yang masih memerlukan bimbingan dalam proses peralihan menuju kedewasaan,terserang atau tergoda oleh NARKOBA.

1.2 RUMUSAN MASALAH

-Apa sesungguhnya NARKOBA itu?
-Apa dampak yang diakibatkan oleh NARKOBA kepada para pelajar atau remaja?
-Mengapa para remaja atau pelajar tersebut menggunakan NARKOBA?

….

1.4 HIPOTESIS

Menurut pandangan dan dugaan penulis. Dapat diperkirakan ada dua penyebab seseorang menggunakan NARKOBA yaitu karna mencoba-coba dan ingin lari dari masalah dalam kehidupan. Seseorang yang sudah pernah menggunakan NARKOBA akan mengalami ketergantungan sehingga menyulitkan sesorang yang sudah menjadi pecandu NARKOBA  untuk berhenti menggunakan NARKOBA.

  1. LANDASAN TEORI

2.1 PENGERTIAN NARKOBA
NARKOBA adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bunga tanaman baik sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan perubahan kesadaran , hilangnya rasa , sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulakan ketergantungan serta kecanduan.

 

2.2  JENIS-JENIS NARKOBA YANG SERING DISALAHGUNAKAN
a) OPIODA
Yaitu nama segolongan zat alamiah , semisintetik maupun sintetik yang diambil dari bagian pohon POPPY ,

 

 

  1. ANALISIS

Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

 

Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.

….

  1. PENUTUP

 

4.1 KESIMPULAN

Narkoba(narkotika dan obat/bahan berbahaya) atau napza adalah obat/bahan/zat, yang bukan tergolong makanan .jika di minum, di suntik, di telan atau di hirup akan berpengaruh terutama pada kerja otak dan sering menyebabkan ketergantungan. Akibatnya fungsi kerja otak berubah demikian pula dengan fungsi vital organ tubuh lain
Narkotika terdiri atas narkotika,psikotropika dan zat psiko aktif lainnya. Alas an remaja menggunakan narkoba ada bermacam-macam Keyakinan aditif Kepribadian adiktif Ketidakmampuan menghadapi masalah Tidak terpenuhinya kebutuhan sosial,emosional, dan spiritual dan kurangnya dukungan sosial.

Penjelasan:

Karangan diatas berjudul “Narkoba dan Dampak yang Ditimbulkan”. Dari struktur penulisan, terlihat didahului dengan pendahuluan. Kemudian berlanjut ke sub-bab dari pendahuluan berupa latar belakang, rumusan masalah, hipotesis, dan lainnya. Setelah itu, berlanjut ke tahap landasan teori yang memuat tentang definisi narkoba, jenis-jenis narkoba. Kemudian memasuki tahap analisis, di tahap ini terjadi pembahasan masalah secara mendalam. Hingga ditutup dengan bagian penutup di akhir yang di dalamnya berisi kesimpulan dan saran. Jenis karangan berikut ini dapat dikategorikan sebagai karangan ilmiah, dan dari kerangka penulisannya dapat dikategorikan sebagai metode ilmiah, karena telah memuat unsur-unsur yang diperlukan dalam suatu pembuatan karangan bermetode ilmiah.

 

 

Referensi:

http://fitriisniridha.blogspot.com/2012/11/contoh-karya-ilmiah.html (Diakses pada tanggal 8 April 2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s