Contoh Proposal Karya Ilmiah

Penelitian Air Sungai yang Memenuhi Syarat Untuk Dikonsumsi

  1. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Air,air sangat bermanfaat khususnya untuk tubuh kita,karena 2/3 dari tubuh kita terdiri dari cairan.Tetapi tidak semua air itu bisa kita konsumsi ada syarat yang harus dipenuhi.Air itu tidak boleh mengandung zat-zat kimia yang dilarang untuk tubuh.Saat ini ketersediaan air bersih semakain berkurang dan bahakan sulit,karena sumber-sumber air kebanyakan sudah tercemar oleh limbah pabrik atau rumah tangga.Akibatnya sungai yang dahulu airnya bening sekarang banyak sungai dikota-kota besar yang sudah keruh dan kotor,Apakah air kandungan air seperti memenuhi syarat untuk dikonsumsi?.Selain sungai-sungai yang sudah keruh ada juga sungai yang masih terlihat segar dan bening airnya,walaupun bening apakah air ini memenuhi syarat untuk dikonsumsi?

Karena ketersediaan air bersih berkurang banyak orang-orang yang tinggal didekat sungai memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari.

Rumusan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang diuraikan pada latar belakang ditas,adapun rumusan masalah yang timbul yaitu,

Apa kandungan dari masing-masing air sungai itu?(sungai irigasi malang,sungai PG candi)

Apakah air itu layak dikonsumsi?

dan, Apa akibat jika air yang mengandung zat kimia berbahaya dikonsumsi? (jika ada)

Tujuan dan Manfaat

Penelitian ini bertujuan untuk:

1.Mencari tahu kandungan air dari 2 sungai berbeda

2.Mengetahui syarat air minum dan kelayakan air untuk dikonsumsi

3.Mengetahui akibat yang diakibatkan jika mengkonsumsi zat kimia berbahaya yang ada di air sungaii itu (jika ada)

Dan bermanfaat untuk kita semua agar bisa menyeleksi air yang bagus untuk kesehatan hidup.selain itu bisa mengetahui zat-zat kimia berbahaya dalam air sungai yang keruh dan kotor.

  1. LANDASAN TEORI

Pengertian dan Definisi Air

Air adalah unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan dapat dipastikan tanpa pengembangan sumberdaya air secara konsisten peradaban manusia tidak akan mencapai tingkat yang dinikmati sampai saat ini. Oleh karena itu pengembangan dan pengolahan sumber daya air merupakan dasar peradaban manusia

Dari Pengertian dan Definisi Air maka dapat di ambil pelajaran bahwa salah satu faktor penting penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk kebutuhan air minum. Air bersih merupakan air yang harus bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit dan bahan-bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Air merupakan zat kehidupan, di mana tidak ada satupun makhluk hidup di bumi ini yang tidak membutuhkan air.

Definisi air ini di terapkan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 65-75% dari berat manusia terdiri dari air. Menurut ilmu kesehatan setiap orang memerlukan air minum sebanyak 2,5 . 3 liter setiap hari termasuk air yang berada dalam makanan. Manusia bisa bertahan hidup 2 sampai 3 minggu tanpa makan, tetapi hanya 2 . 3 hari tanpa minum

Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah(runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air).

Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat dipermukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.Baik kualitas maupun kuantitas air harus dapat memenuhi kebutuhan kita, sebagian besar tanah air kita curah hujannya cukup tinggi. Oleh sebab itu dari segi kuantitas dibanyak tempat di negara kita air tidak menjadi masalah, apalagi jika kita dapat mengelolanya dengan baik.

Akan tetapi dari segi kualitas, air bersih kita semakin memperihatinkan.Sebenarnya apa itu air bersih?

Pengertian Air bersih

Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari dan memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah, untuk treatment air minum dan untuk treatmen air sanitasi. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia, fisika dan biologis.

Pengertian Air Bersih:

  1. Secara Umum: Air yang aman dan sehat yang bisa dikonsumsi manusia.
  2. Secara Fisik : Tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa.
  3. Secara Kimia:

a.PH netral (bukan asam/basa)

b.Tidak mengandung racun dan logam berat berbahaya

Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini, dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.

Sumber air bersih:

  • Sungai

Rata-rata lebih dari 40.000 kilometer kubik air segar diperoleh dari sungai-sungai di dunia. Ketersediaan ini (sepadan dengan lebih dari 7.000 meter kubik untuk setiap orang) sepintas terlihat cukup untuk menjamin persediaan yang cukup bagi setiap penduduk, tetapi kenyataannya air tersebut seringkali tersedia di tempat-tempat yang tidak tepat. Sebagai contoh air bersih di lembah sungai Amazon walupun ketersediaannya cukup, lokasinya membuat sumber air ini tidak ekonomis untuk mengekspor air ke tempat-tempat yang memerlukan.dan banyak sungai yang sudah tercemar oleh limbah pabrik maupun rumah tangga.

  • Curah hujan

Dalam pemanfaatan hujan sebagai sumber dari air bersih, individu perorangan/ berkelompok/ pemerintah biasanya membangun bendungan dan tandon air yang mahal untuk menyimpan air bersih di saat bulan-bulan musim kering dan untuk menekan kerusakan musibah banjir.

  • Air permukaan dan air bawah tanah.

Sumber-sumber air bersih ini biasanya terganggu akibat penggunaan dan penyalahgunaan sumber air sehingga terjadi pencemaran air.

HIPOTESIS

Berdasarkan landasan teori diatas dapat disimpulkan bahwa air yang dapat dikonsumsi adalah air yang tidak berbau,berasa dan berwarna dan PHnya netral,ada 2 sampel air sungai yang diteliti Sungai Irigasi malang (bening,tidak berwarna,tidak berasa) dan Sungai dekat PG candi sidoarjo (berwarna cokelat,keruh dan mengendapkan tanah) Hipotesis penelitian ini adalah air dari sungai Irigasi malang dapat dikonsumsi dan memenuhi syarat air bersih.

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau penelitian kuantitatif.

Variabel control       : Volume air yang sama

Variabel manipulasi           : Sumber air yang berbeda,2 sungai berbeda

Variabel Respon     : Kandungan dari masing-masing air

Populasi

Ada 2 sungai yang saya jadikan sampel yaitu sungai irigasi Malang dan sungai

Prosedure Penelitian

-Ambil sampel air disungai berbeda

-Setelah itu lihat wujud air,sesuai syarat air bersih diatas.(tidak berbau,berwarna,tidak berasa)

-Lalu,check air-air itu dengan PH meter

-dari 2 cara diatas bisa disimpulkan hipotesisnya

-Setelah melakukan 2 cara diatas,untuk mengetahui kandungan zat-zat kimia di air,bawa sampel air tersebut ke lab untuk menguji lebih lanjut sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kandungan air sungai ini,memenuhi syarat atau tidak.

Sumber:

http://curut1133.blogspot.com/2014/02/contoh-proposal-karya-ilmiah-remaja.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s