Tugas 2 – Pengantar Telematika

  • Hacker Australia serang situs Indonesia
screenshot situs ombudsman
screenshot situs ombudsman

Link : ombudsman.go.id

Sebelumnya, hacker Anonymous Indonesia disinyalir telah melakukan penyerangan terhadap sejumlah situs asal Australia. Dalam serangan itu dikabarkan ada lebih dari 170 situs pemerintah maupun umum menjadi target. Serangan yang menyasar situs umum dan tak bersalah itupun mengusik ketenangan Anonymous Australia.

Kelompok hacker asal Negeri Kangguru itu mengirimkan peringatan agar meninggalkan situs yang tak bersalah. Karena peringatannya tak diindahkan akhirnya Anonymous Australia mengirimkan pesan peringatan agar bersiap pada situs Indonesia karena mereka akan melakukan serangan balik.

Akun resmi Anonymous Australia, @AuAnon memposting tweet berisi jawaban untuk journalis asal Indonesia yang menghubungi mereka dan meminta waktu wawancara. Kicauan itu berisi tautan http://muhammad.chandrataruna.likes.meatspin.with.the.ombudsman.go.id/ dan mengarah pada situs ombudsman.go.id. Akibat serangan itu, situs Ombudsman down selama 2 jam.

Serangan yang dilakukan hacker Australia tersebut belum diketahui pasti metodenya. Namun kemungkinan besar menggunakan metode DOS Attack. Serangan DOS (denial-of-service attack) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

  • Hacker Indonesia diduga serang situs Australia

situs airforce.gov.au

Link : airforce.gov.au

Pada tanggal 23 November 2013, para hacker yang disinyalir berasal dari Indonesia, menggempur situs Angkatan Udara Australia di http://www.airforce.gov.au. Walaupun keesokan paginya situs The Royal Australian Air Force (RAAF) sudah dapat dibuka kembali, situs ini semalam sempat semaput diserang bertubi-tubi dengan DDOS attack.

Menurut situs www.majalahict.com, situs ini sempat tidak bisa dibuka atau diistilahkan oleh kalangan peretas dengan ‘404 not found’. Namun, nampaknya sistem pengamanan situs ini sama dengan situs http://www.rba.gov.au yang merupakan situs Reserve Bank Australia dimana walaupun server rontok, kemudian situs ini dipindahkan ke IP back up nya sehingga tetap bisa jalan atau berfungsi seperti biasa.

Sementara itu, rontoknya beberapa situs penting di Australia oleh hacker yang mengaku berasal dari Indonesia mendapat tanggapan dari Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta. Mabes Polri menolak tudingan bahwa yang melakukannya adalah peretas dari Indonesia.

Penyebab terjadinya hal ini diperkirakan karena peretas Indonesia memantau situasi keseriusan pemerintah Australia meminta maaf atas tindakan mata-mata terhadap Presiden dan pejabat tinggi di Indonesia.

  • Contoh Tool untuk hack website

tampilan aplikasi The Mole

The Mole adalah sebuah tool otomatis untuk mengeskploitasi website menggunakan SQL Injection. Tool ini dibuat menggunakan python dan dikembangkan oleh Nasel. Bermodalkan URL dan string dari situs, tool ini dapat mendeteksi dan mengeksploitasinya dengan menggunakan teknik union atau query boolean. Tool ini dapat berjalan pada database MySQL, SQL Server dan Oracle.

Cara kerja dari The Mole adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan URL dan kata kunci dari situs yang dianggap dapat dieksploitasi
  2. Ketikkan command sebagai berikut:
  1. kemudian tool akan bekerja secara otomatis menggunakan teknik-tekniknya.

Penggunaan dari tool ini dapat dilihat dalam video berikut ini:

Sumber:

http://tekno.liputan6.com/read/751861/serangan-dimulai-situs-ombudsman-di-hack-anonymous-australia
http://www.majalahict.com/berita-3106-hacker-indonesia-terus-serang-target-baru-pemerintah-australia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_DoS
https://www.aldeid.com/wiki/TheMole

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s